15 Tips Sukses Bisnis Online Shop





Membangun toko online yang sukses mungkin tampak seperti tugas yang sulit untuk bisnis kecil apa pun, terutama jika Anda bukan ahli  e-commerce. Ada banyak keputusan kecil yang harus Anda buat, dan tanpa pengalaman, Anda mungkin tersesat di antara banyak peluang.

Sepertinya sangat mudah untuk membuat toko online; cukup gabungkan domain, hosting yang bagus, sistem dan tema manajemen konten. Overhead yang rendah membuat sedikit penghalang untuk masuk Anda tidak perlu membayar sewa yang tinggi jika Anda tidak membutuhkan toko fisik.

Namun kenyataannya, cukup sulit untuk membuat toko online yang bagus, dan bahkan lebih sulit membuatnya menjadi sukses dan mudah digunakan. Di bawah ini adalah tips berguna untuk memandu Anda melewati rintangan untuk menjadi pemilik toko online yang sukses.


Tetapi jangan khawatir: kami telah menyusun tips suksus bisnis online shop yang akan membantu Anda membangun toko online yang sukses.

1. Pilih platform e-commerce yang tepat

Jika Anda ingin menjual secara online, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih platform e-commerce.

Platform e-commerce hanyalah jenis situs web khusus yang memungkinkan orang membeli produk atau layanan Anda dan menyelesaikan pembelian tanpa meninggalkan situs Anda. Ini juga memungkinkan Anda mengetahui bahwa pesanan baru telah masuk.

Singkatnya, ini adalah solusi penjualan online all-in-one Anda.

Jika Anda ingin belajar cara berjualan online, Anda benar-benar tidak dapat melakukannya tanpa solusi e-commerce berkualitas yang dapat Anda gunakan.

Memilih platform e-commerce yang tepat dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan seluruh toko online Anda.

Setelah semua, Anda tidak ingin harus berurusan dengan masalah transaksi, pesanan pelanggan menghilang, salah mengatur rincian pengiriman; dan bahkan tidak membuat saya mulai pada kerentanan keamanan.

Di sini, di ecommerce-platforms.com, memeriksa dan menguji solusi ecommerce teratas di pasar secara harfiah semua yang kami lakukan. Setiap minggu, kami menguji apa yang baru di ruang e-commerce dan kemudian membiarkan pembaca kami tahu hasilnya.

Salah satu eksperimen yang sedang berjalan yang kami jalankan adalah bagan perbandingan kami dari 10 platform e-commerce teratas di pasar. Kami mempertimbangkan sejumlah faktor ketika memutuskan platform mana yang berada di atas.

2. Tentukan produk Anda

Mungkin terdengar seperti pertanyaan yang jelas, tetapi apa yang Anda jual? Apakah Anda memiliki 10, 20, atau 100 produk? Penting untuk memutuskan lebih awal tentang produk mana yang ingin Anda jual di toko online Anda karena akan membantu Anda merencanakan, menganggarkan, dan mempromosikan untuk minggu, bulan, atau tahun mendatang.

Setelah Anda menetapkan produk spesifik yang ingin Anda jual, lihatlah kebiasaan pemasaran di sektor Anda. Apakah produk yang Anda ingin jual sudah berlimpah? Atau, jika tidak, mengapa tidak? Mungkin Anda telah memasuki ceruk yang belum ditemukan, atau mungkin tidak perlu produk itu.

Memutuskan produk spesifik Anda sejak awal membantu menentukan apakah ada kebutuhan atau tidak, dan karena itu waktu dan upaya Anda dapat dialihkan ke hal lain. Pertimbangkan apa yang membuat produk Anda berbeda: Lebih murah, lebih besar, lebih cepat, dll.? Jika penawaran Anda berbeda, pengunjung ke toko online Anda mungkin ingin membeli barang Anda di atas yang lain.

3. Pahami audiens Anda

Memiliki toko online adalah peluang luar biasa untuk menjangkau pelanggan baru dan, semoga, menghasilkan laba. Untuk melakukan ini secara efektif Anda harus memahami audiens Anda. Dengan melihat produk serupa di sektor Anda, ulasan produk tersebut, dan mendengarkan apa yang dikatakan orang tentang mereka, Anda dapat mulai membangun citra audiens target, yang dapat membantu saat pemasaran.

Misalnya, menjual tas laptop baru dengan charger built-in atau menjual mesin bajak otomatis baru yang dapat menggelincirkan bidang dua kali kecepatan versi yang lebih lama akan memerlukan pendekatan yang sangat berbeda dalam cara Anda beriklan, menjual, mengirim, dan dukungan.

Dalam semua kemungkinan, seseorang yang membeli peralatan pertanian akan berada di lingkungan pedesaan. Ini berarti bahwa metode pengiriman, yang dapat dibatasi ketika keluar dari kota-kota besar, mungkin perlu lebih banyak perhatian dari Anda. Pastikan untuk menemukan mitra pengiriman tepercaya dan dapat diandalkan. Jual barang konsumsi kecil? Sempurna untuk sistem pos standar dan harus dapat dikirim ke sebagian besar dunia dengan mudah.

Selain itu, ketika datang untuk membuat keputusan tentang di mana menghabiskan anggaran pemasaran untuk produk Anda, memahami audiens Anda dapat membuktikan bantuan nyata. Peralatan pertanian baru itu, misalnya: sementara mungkin menjual kepada seseorang yang tinggal di kota, Anda kemungkinan besar akan berharap untuk memiliki pembeli di daerah pedesaan. Anda dapat menargetkan iklan Anda ke khalayak tertentu, tinggal di, atau mengecualikan, tempat-tempat tertentu.

4.Pilih nama domain yang tepat

Setelah Anda memutuskan produk mana dan kepada siapa Anda akan menjualnya, Anda harus memikirkan mendaftarkan nama domain sehingga Anda dapat membuat situs web. Dengan seluruh host ekstensi domain (bit setelah. Dalam URL) untuk dipilih, salah satu yang paling jelas dan berguna mungkin ekstensi .com, sebagai ekstensi .com adalah salah satu alamat web yang paling dikenal di dunia dan keduanya dipercaya dan dapat diandalkan.

Untuk mulai membangun alamat web masa depan Anda, Anda harus melakukan beberapa riset tentang kata kunci mana yang digunakan dan dicari secara online, terutama di sekitar produk Anda. Google Trends adalah tempat yang baik untuk memulai dan merinci kata kunci mana yang sedang dicari, dari bagian mana di dunia, dan istilah pencarian terkait.

Dari wawasan itu, ketik beberapa ide ke dalam pencarian nama domain untuk melihat apakah nama domain .com Anda tersedia. Jika demikian, lanjutkan dan buat pendaftaran dengan daftar pendaftar pilihan kami, jika tidak, lihat saran berdasarkan pencarian asli Anda.

5. Desain situs web Anda

Dilengkapi dengan nama domain .com yang baru terdaftar, Anda siap membuat situs web. Ada sejumlah opsi yang tersedia, dari membangunnya dari awal (pengetahuan tentang kode HTML penting), menggunakan alat pembuat situs (banyak pendaftar nama domain menawarkan ini ketika Anda mendaftarkan nama domain), atau menyewa desainer web (profesional dapat mahal, tapi urus semuanya).

Ketika datang ke desain, pikirkan toko online Anda sebagai toko fisik. Situs ini harus ramah pengguna dengan tujuan menjadikannya semudah mungkin bagi seseorang untuk membeli sesuatu. Navigasi situs yang buruk adalah sama dengan seseorang yang berkeliaran tanpa tujuan di sekitar toko fisik, tidak lama kemudian mereka akan frustrasi dan berjalan keluar; hal yang sama terjadi secara online.

Karena sifat dari toko online, orang tidak benar-benar melihat produk, hanya representasi visual dari mereka, itulah sebabnya mengapa penting untuk menyertakan banyak foto berkualitas tinggi dari produk Anda di situs Anda. Tidak hanya ini dapat membantu pelanggan Anda membuat keputusan pembelian yang terinformasi, mereka dapat meningkatkan keseluruhan tampilan situs Anda.

6. Pasar

Membangun situs yang besar dan mengilap, yang diisi dengan produk-produk fantastis saja tidak selalu sama dengan penjualan atau tampilan halaman; Anda harus memasarkannya dengan benar. Berdasarkan langkah kedua di atas, Anda seharusnya sudah cukup mengenal audiens Anda untuk mengetahui tempat terbaik untuk menargetkan iklan Anda.

Salah satu cara untuk meraih calon pelanggan Anda bisa dengan beriklan melalui media sosial. Ini adalah cara iklan hemat biaya yang menjangkau jutaan orang. Misalnya: mempromosikan produk Anda menggunakan pos / iklan Facebook dapat menjadi cara yang baik untuk menargetkan pemirsa tertentu. Jika Anda menjual peralatan pertanian, Anda dapat menentukan bahwa iklan Anda hanya menjangkau orang-orang yang tertarik bertani.

7. Produk Yang Unik

Ketika memasuki ruang e-commerce, Anda bergabung dengan pasar yang sangat kompetitif di mana mudah untuk tenggelam di antara ribuan toko lain yang semuanya terlihat sama. Itulah mengapa sangat penting untuk membangun kehadiran yang unik dan menawarkan sesuatu yang pesaing Anda tidak memiliki atau tidak menampilkan cara yang sama dengan Anda.

Untuk membuat ini lebih mudah untuk diri sendiri, dapatkan inspirasi dengan menelusuri situs seperti Pinterest, Instagram, Amazon, atau Etsy, dan lihat apa yang baru, apa yang mendapat banyak buzz, dll. Renungkan apa yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan getaran serupa dan gunakan untuk menyajikan bisnis Anda secara efektif.

8. Buat halaman "Tentang Kami" yang menakjubkan

Halaman Tentang Kami adalah jendela ke dalam bisnis Anda, dan Anda ingin menjadikannya menarik dan segar. Sekitar 7%  pengunjung datang ke beranda klik untuk melihat halaman Tentang. Mereka yang melihatnya mengkonversikan 30%  lebih banyak daripada yang tidak. Mereka juga menghabiskan rata-rata 22,5%  lebih banyak. Ini saja sudah cukup untuk membuat Anda mulai menyusun halaman ini!

Laman Tentang Kami yang jujur, diperbarui, dan dirancang dengan baik dapat memicu rasa ingin tahu dan, siapa tahu, menghasilkan penjualan yang tidak terduga dari orang-orang yang sekadar menjelajah.

9. Targetkan pengunjung yang tepat dengan produk yang tepat

Rekomendasi produk memberikan pengalaman belanja yang dipersonalisasi dan dapat meningkatkan nilai pesanan Anda hingga 40%. Dengan kata lain, Anda tidak mampu untuk tidak menggunakan strategi ini. Dari 1000 pembeli daring Inggris, 53% suka melihat produk yang direkomendasikan berdasarkan riwayat pembelian sebelumnya.

Amazon adalah salah satu pengecer pertama yang berhasil menerapkan ini dan akhirnya, semua orang juga ikut serta. Infografis ini  adalah sejarah ilustrasi dari 20 tahun pertama Amazon dan ini menunjukkan beberapa strategi yang digunakan Jeff Bezos untuk membuat klien menekan tombol "Tambahkan ke keranjang" dengan lebih bersemangat.

10. Memberikan discount atau code kupon

Penetapan harga sulit. Anda harus menawarkan harga yang lebih rendah daripada pesaing Anda sambil menghasilkan laba. Panduan kecil ini berfokus pada strategi penetapan harga terbaik saat Anda mencari tahu cara menjual secara online.

Setelah mendapatkan harga dasar yang dicakup, Anda harus menentukan apa kupon dan strategi diskon untuk digunakan. Jika Anda memiliki produk sejenis atau barang buatan tangan, penawaran promosi bukanlah suatu keharusan. Plus, mereka bisa lebih berbahaya daripada yang baik di kali. Namun, untuk barang dagangan umum dan produk sederhana, kode kupon dapat membawa lebih banyak bisnis.

11. Memberikan biaya pengiriman murah atau gratis

Pelanggan mengharapkan untuk melihat spanduk "Free shipping" di setiap toko online yang mereka kunjungi saat ini dan, di atas itu, 78% mencari pengiriman termurah yang tersedia.

Opsi pengiriman yang paling umum saat ini adalah:

Bebas biaya kirim.

Kami semua adalah pencari barang murah dan frasa “Free shipping” membuat Anda ingin segera memperhatikan, bahkan jika Anda tidak tergoda untuk membeli sesuatu pada awalnya.

Pengiriman gratis adalah faktor yang paling penting , ditambah juga mendorong kesetiaan pelanggan, jadi pilihlah dengan bijak.

12. Minta umpan balik

Sangat mengherankan, berapa banyak toko ecommerce yang tidak memiliki cara apa pun bagi pelanggan untuk mengirimkan ulasan mereka tentang produk tersebut. Ini bisa menjadi hambatan besar di jalan Anda untuk menjual secara online. Bahkan, 77%  pembeli online membaca ulasan produk yang ingin mereka beli dan 90% membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka baca.

Semua angka dan statistik itu berlaku untuk seluruh web. Anda mungkin memiliki ulasan positif di situs Anda, tetapi Anda juga harus memeriksa apa yang dikatakan pelanggan Anda tentang Anda di blog dan forum lain. Apakah mereka puas? Jika tidak, hubungi mereka dan lihat apa yang harus berbeda. Anda harus ingat bahwa orang menggunakan Google untuk menemukan situs Anda dan mereka akan menggunakannya lagi untuk melakukan pemeriksaan "latar belakang" pada produk Anda.

Tidak hanya itu, tetapi ulasan juga meningkatkan peringkat SEO Anda karena mereka menyediakan konten yang segar dan unik, meningkatkan peringkat ekor panjang Anda dan mendatangkan pengunjung baru.

13. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa situs Anda aman dan dapat dipercaya

Data online sangat sensitif, sehingga semakin banyak pelanggan yang sangat berhati-hati sebelum melakukan pemesanan. Itulah mengapa Anda harus memeriksa semua poin-poin untuk memastikan situs Anda aman dan dapat dipercaya. Tidak jarang pengecer online kehilangan sekitar $ 3,5 miliar setiap tahun sebagai akibat dari penipuan online. Sementara toko-toko yang lebih besar mungkin dapat menangani kerugian karena ini, bisnis yang menjual sabun khusus akan mencapai titik terendah dengan cepat.

Shopify menawarkan langkah keamanannya yang kuat sebagai salah satu fitur terbaiknya. Mereka memiliki banyak halaman yang memberikan rincian tentang strategi keamanan mereka.

WooCommerce juga cukup bagus dalam keamanan, ditambah Anda bisa menggunakan plugin WordPress khusus yang meningkatkan keamanan situs Anda lebih jauh.

14. Gunakan kekuatan media sosial untuk mempromosikan bisnis anda

Media sosial cukup besar akhir-akhir ini. Secara harfiah setiap situs e-commerce harus memiliki kehadirannya di media sosial, dan terutama jika mereka ingin memaksimalkan potensi mereka dalam cara berjualan secara online.

Sementara Pinterest dan Instagram mungkin tidak cocok untuk semua ceruk, dua nama besar - Twitter dan Facebook adalah suatu keharusan. Setel profil Anda dan aktifkan mungkin, tanpa mengirim spam kepada penggemar Anda.

15. Perkenalkan program referral

Program referral dapat menjadi elemen "ekstra" hebat yang meyakinkan orang untuk mempromosikan produk Anda lebih dari yang seharusnya.

Aturan program referral sederhana:

1. Seseorang membeli dari Anda

2.Mereka diundang ke program referral Anda

3. Mereka mendapatkan tautan unik mereka sendiri yang dapat mereka gunakan saat merekomendasikan toko Anda.

4. Ketika seseorang membeli sesuatu setelah rekomendasi, orang yang merujuk mendapat hadiah tambahan, kode kupon, atau poin hadiah yang dapat mereka gunakan untuk pembelian di masa mendatang.

Apa yang begitu menarik tentang ini  dari sudut pandang pelanggan adalah bahwa mereka tidak hanya dapat membeli sesuatu yang menguntungkan mereka (bagaimanapun juga, Anda tidak menjual sesuatu yang tidak berguna, bukan?), Tetapi mereka juga dapat merekomendasikan produk Anda ke teman / keluarga dan dapatkan sesuatu yang ekstra untuk melakukannya.

0 Response to "15 Tips Sukses Bisnis Online Shop"

Post a Comment

histats