Dropshipping telah menjadi cara populer untuk memulai bisnis. Ini mengacu pada teknik manajemen logistik yang menghilangkan kebutuhan toko untuk memelihara persediaan. Pengiriman dilakukan langsung dari pemasok ke pembeli. Bisnis dropshipping dapat dengan mudah dibuat dengan harga yang relatif rendah. Meskipun tampak sangat sederhana dan mudah, model bisnis ini memiliki kekurangan dan juga manfaatnya.
Seperti semua metode penjualan, dropshipping memiliki risiko dan manfaat. Yang membuat banyak orang bertanya-tanya apakah bentuk pemasaran ini benar-benar menguntungkan atau tidak.
Jadi, jika tujuan Anda adalah meningkatkan penghasilan Anda melalui dropshipping, jangan biarkan diri Anda terbawa oleh komentar negatif, atau oleh pengalaman orang lain. Pastikan Anda membuat rencana yang bagus dan mulai dengan proyek Anda.
Dropshipper: adalah distributor grosir yang menjual ke pengecer dan pada saat yang sama mengirimkan produk ke pelanggan akhir.
Dropshipping: Ini adalah metode penjualan dan distribusi jumlah produk yang berbeda, di mana pengecer melakukan penjualan ke pelanggan akhir dan dropshipper , setelah perjanjian dengan pengecer, mengirimkan produk ke pelanggan akhir secara anonim.
Keuntungan dari dropshipping
- Lebih sedikit investasi untuk menciptakan bisnis, karena tidak perlu membeli persediaan.
- Kemungkinan menawarkan produk segera , karena pedagang tidak perlu menunggu untuk memilikinya dalam persediaan.
- Ini memungkinkan pengujian produk baru dengan risiko rendah . Pedagang tidak harus membeli produk, jadi ketika mereka ingin mencoba yang baru, mereka tidak berisiko memiliki produk yang tidak terjual dalam stok.
- Hal ini memungkinkan untuk menawarkan rangkaian produk yang lebih luas. Dengan tidak harus membeli persediaan, pedagang dapat menawarkan variasi yang lebih luas di toko mereka tanpa khawatir tentang bagaimana dan di mana menyimpan produk.
- Hemat waktu Dengan tidak harus berurusan dengan persiapan stok dan pengiriman, pedagang menghemat waktu untuk berinvestasi dalam mengembangkan bisnis, terutama dalam meningkatkan konversi penjualan dan menerapkan strategi pemasaran dan periklanan yang efektif.
Kerugian dari dropshipping
- Jika Anda bekerja dengan pemasok yang berbeda, pedagang mungkin memiliki masalah dalam memproses pesanan . Setiap pemasok akan memiliki persyaratan mereka dan ini cenderung mempersulit dan menunda pengiriman.
- Kurangnya informasi lengkap tentang produk yang dijual. Karena pedagang dropshipping tidak pernah melihat produk, kurangnya informasi ini dapat membuat sulit untuk menjawab keraguan konsumen.
- Tidak mungkin mengetahui apakah suatu produk kehabisan stok. Tergantung pada sistem yang digunakan, pedagang tidak akan tahu apakah suatu produk habis terjual sampai setelah pembeli menyelesaikan pembelian. Ini biasanya menimbulkan frustrasi pada pembeli dan pekerjaan tambahan untuk layanan pelanggan.
- Pemilik toko adalah yang harus berurusan dengan pelanggan mereka. Meskipun dropshipping menghilangkan tanggung jawab Anda dalam penyimpanan dan pengiriman barang, itu juga menghilangkan kendali Anda dalam aspek-aspek pengalaman berbelanja ini. Ini memperumit fakta menyediakan layanan pelanggan yang baik untuk menyelesaikan masalah apa pun.
- Kompetisi tinggi. Produk dropshipping yang baik sangat populer dengan banyak agen yang berusaha mempertahankan pangsa pasar. Model bisnis ini menyisakan lebih sedikit ruang bagi pedagang, yang juga berarti bahwa mereka biasanya tidak dapat bersaing dengan menurunkan harga.
1. Gunakan solusi yang andal dan otomatis untuk dropshipping
Biasanya, toko dropshipping bekerja dengan pemasok berbeda yang, pada gilirannya, melakukan bisnis dengan toko yang berbeda. Karena itu, menggunakan solusi dropshipping otomatis yang efisien sangat penting. Misalnya, untuk pedagang yang menggunakan Shopify, bukalapak, ddl biasanya merupakan solusi yang biasa. Namun, alat yang ideal akan tergantung pada bagaimana bisnis dikonfigurasikan. Oleh karena itu, penelitian adalah kunci untuk memilih solusi dropshipping otomatis terbaik.
2. Temukan cara untuk menambah nilai bagi pembeli
Ini adalah elemen penting untuk semua bisnis. Namun, dalam lingkungan dropshipping yang kompetitif, itu menjadi lebih relevan. Pedagang harus ingat bahwa mereka tidak hanya menjual produk. Jika bisnis menemukan cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di dalam toko dan dengan produk, mereka akan membuat toko dropshipping yang sukses.
3. Gunakan strategi pemasaran yang efektif
Model bisnis ini telah mendapatkan popularitas berkat evolusi kinerja solusi pemasaran yang menyediakan cara canggih bagi bisnis e-niaga untuk mengidentifikasi dan mengidentifikasi kembali audiens mereka. Karena itu, menjadi lebih efektif untuk berinvestasi dalam periklanan, serta lebih mudah untuk mengukur. Dengan menghemat waktu dengan inventaris dan pengiriman, pedagang harus fokus pada peningkatan keterampilan pemasaran mereka untuk meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan konversi.
4. Berhentilah bekerja dengan pemasok yang buruk
Jika Anda memiliki masalah dengan pemasok, seperti pengiriman produk cacat yang sering atau menggunakan metode pengiriman yang salah, jangan ragu untuk mengeluarkan produk Anda dari toko. Memilih pemasok dengan cermat sangat penting untuk mengoptimalkan waktu pengiriman.
5. Memberikan layanan pelanggan yang sangat baik
Seperti dalam bisnis e-niaga lainnya, memberikan layanan yang sangat baik kepada pembeli adalah faktor kunci untuk sukses. Ingat: konsumen selalu benar (bahkan ketika mereka salah). Memiliki staf yang terlatih sangat penting. Jika Anda menjual ke berbagai negara, penting juga untuk mengetahui apa yang diharapkan konsumen dari pasar lain.
6. Awasi kompetisi
Pantau pesaing Anda secara berkala. Selain memeriksa halaman web Anda, ikuti mereka di jejaring sosial. Setelah Anda "Suka" halaman Anda, Anda akan melihat iklan untuk produk Anda. Dengan cara ini, Anda dapat melihat apa yang mereka umumkan dan memantau komitmen yang dihasilkannya, seperti jumlah "Suka", "Dibagikan" dan komentar yang diperoleh dari publikasi mereka. Mengawasi persaingan Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi produk terbaik untuk toko Anda dan memberi Anda ide pemasaran yang baik.
7. Pilih distributor dan produsen resmi
Apa yang direkomendasikan kepada para pedagang dan pengusaha dropshipping , adalah bahwa mereka memilih jenis pemasok ini, dengan cara ini mereka meminimalkan risiko penipuan, selain dapat memiliki operasi yang jauh lebih transparan dan dapat diandalkan.
8. Pelajari pemasok
Seperti yang akan kita lihat nanti, ada berbagai jenis penyedia . Sebelum memilih, Anda harus menyelidiki dengan seksama. Ini memungkinkan kita untuk mengetahui operasi penyedia dan dengan demikian memiliki gagasan tentang bagaimana itu akan bekerja dengan kita dan apakah itu menguntungkan atau tidak.
9. Mengevaluasi profitabilitas artikel
Setelah Anda memiliki produk yang ingin Anda jual dalam model bisnis ini (dengan mempertimbangkan langkah-langkah yang kami berikan), Anda harus mengevaluasi profitabilitas masing-masing. Ini menyiratkan studi tentang permintaan produk , kondisi komersial dan saturasi atau persaingan elemen secara spesifik. Jika Anda tahu apa yang Anda hadapi, akan lebih mudah bagi Anda untuk terlibat dalam pasar .
10. Luangkan waktu Anda untuk memilih platform manajemen
Karena dropshipping dapat beroperasi di bidang yang berbeda dan dengan alat yang berbeda, perlu bahwa dalam pilihan produk untuk dijual, kami mengambil bagian dari waktu dalam mempelajari berbagai platform dan dengan demikian dapat memilih dengan lebih jelas dan presisi, mana yang tepat untuk kita. Ingatlah untuk mengulas aspek ini di poin 8, di mana kami menjelaskan cara melakukannya dan opsi yang Anda miliki.
11. Perhatikan hubungan Anda dengan pemasok
Jika ada sesuatu yang benar yang tergantung pada hubungan yang Anda miliki dengan pedagang besar dan pemasok Anda, sebagian besar keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda akan tergantung. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sebagai orang-orang yang bertanggung jawab atas pengiriman produk, Anda memiliki kemungkinan untuk membangun hubungan strategis yang memungkinkan kedua belah pihak untuk menciptakan teknik untuk meningkatkan dan mendorong pertumbuhan mereka di pasar.
12. Tetapkan keseimbangan antara preferensi dan kelayakan Anda
Pada titik ini kami hanya merujuk pada produk. Jelas bahwa kita tidak akan senang menjual produk yang kita tidak tahu, kita tidak tertarik untuk mengetahui dan kita tidak menyukainya tetapi profitabilitasnya sangat tinggi, dan sama jika itu terjadi sebaliknya, profitabilitasnya nol tetapi mereka adalah artikel yang kita sukai. Penting untuk membangun keseimbangan antara kepentingan kita dan kelangsungan hidup produk . Jika kita tidak nyaman menjual suatu produk, betapapun menguntungkannya, kita tidak akan memperoleh manfaat yang lebih baik, karena dorongan dan antusiasme untuk menjualnya tidak akan ada. https://seribudollars.blogspot.com/
Faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memulai Dropshipping
- Penyesuaian margin keuntungan . Dropshipper menangani sebagian besar proses yang terkait dengan distribusi. Ini biasanya meningkatkan harga produk untuk pelanggan akhir. Menetapkan penghematan dalam bidang logistik dapat berarti memperbesar margin.
- Bea cukai dengan dropshippers di luar negeri . Memilih distributor grosir yang menawarkan dropshipping di negara Anda sendiri adalah prioritas, bahkan untuk sektor tertentu. Di AS dan Cina ada tawaran dropshippers yang baik tetapi pengiriman harus melalui bea cukai, meningkatkan biaya dan masalah logistik atau kualitas produk.
- Waktu pengiriman sesuai dengan wilayah geografis . Penjual dengan bisnis yang melayani dalam 24 atau 48 jam paling sering bekerja dengan pemasok yang berada di negara yang sama atau paling banyak di benua. Perlu diingat bahwa waktu pengiriman yang berlebihan tidak dapat mengembalikan banyak pelanggan akhir.
- Perpajakan dalam operasi internasional . Sebelum memulai bisnis dengan dropshipper yang dinamis, disarankan untuk meminta saran pajak kepada agen akuntansi-fiskal untuk menentukan daerah mana yang dapat menyebabkan masalah dan keterlambatan fiskal dalam pergerakan produk di antara perbatasan mereka.
- Dropshippers bereputasi baik . Dalam hal ini Anda dapat mengunjungi direktori spesifik dropshippers yang telah memeriksa legalitas pemasok yang ada dalam daftar. Meskipun yang paling direkomendasikan adalah selalu pengalaman itu sendiri, meminta beberapa produk berbeda untuk menganalisis pengiriman dan kualitas kemasan dan produk.
- Biaya transportasi. Menurut kebijakan tindakan dari dropshippers yang berbeda, biaya transportasi per pesanan dapat diperbaiki sesuai dengan negosiasi dengan perusahaan kurir, atau dropshipper memungkinkan memilih perusahaan kurir yang paling sesuai dengan penjual dan wilayah geografis ke mana harus pindah. paket.
- Klaim dalam transaksi atau pembelian yang tidak sah. Kasus ini terjadi ketika seorang konsumen telah mengajukan keluhan terhadap pembayaran yang dilakukan melalui PayPal atau gateway pembayaran banknya, sehubungan dengan transaksi atau pembelian. Ini mungkin karena alasan apa pun, seperti penegasan tidak menerima produk, misalnya. Mekanisme klaim uang kembali adalah ukuran besar yang dirancang untuk melindungi konsumen, namun selalu ada kemungkinan orang yang tidak bermoral menyalahgunakannya. Akibatnya, penjual dan dropshipper harus memutuskan dengan kesepakatan bersama jenis solusi apa yang mereka buat sehingga di masa depan mereka tidak akan berprasangka oleh jenis perilaku ini.
Bagaimana cara kerja Dropshipping?
Mari kita menganalisis langkah-langkah berikut untuk mengetahui dan memahami koneksi dan pengoperasian metode bisnis ini:
Menempatkan produk untuk dijual
Menurut metode yang Anda pilih antara penjualan. Melalui jejaring sosial, situs iklan, toko online Anda sendiri (yang biasanya paling direkomendasikan), Anda akan mulai menjual produk dari kategori atau lebih baik, kategori yang telah Anda pilih. Ingatlah bahwa kita akan melihat ini secara rinci nanti.
Pembelian produk oleh klien
Pelanggan atau pengunjung memasuki platform atau tempat penjualan Anda, memilih produk dalam kategori dan hasil untuk melakukan pembelian barang melalui berbagai cara pembayaran yang tersedia.
Beli produk ke grosir atau pemasok
Pembelian ini adalah pembelian yang harus Anda lakukan kepada pemasok tempat Anda beroperasi, atau kepada pedagang grosir tempat Anda membeli produk grosir, seperti namanya, dan Anda menjualnya satu per satu.
Pengiriman produk ke klien
Dalam banyak kesempatan, dropshipper atau pemasok melakukan pengiriman produk ke pelanggan akhir. Baik meletakkan nama perusahaan yang mengirimkannya, baik penyedia atau nama platform web di mana pembelian dilakukan. Dalam beberapa kasus, ini dikenal sebagai "paket tertutup", yang menunjukkan bahwa kiriman tidak mengiklankan pengirim dan bahkan mungkin hanya memiliki informasi kepada siapa kiriman dikirimkan. Pedagang grosir dan / atau pengecer, tergantung pada bagaimana mereka setuju, dapat muncul di pengirim.
Komisi ritel
Jelas bahwa sebagai pengecer, yaitu, sebagai orang yang membeli produk grosir, Anda harus menetapkan harga sedemikian rupa sehingga, ketika melakukan penjualan per unit, Anda dapat memperoleh keuntungan untuk itu. Dalam hal ini, komisi tunduk pada masing-masing penjualan yang Anda lakukan, sehingga Anda mengambil keuntungan dari margin biaya yang ditetapkan oleh Anda dan pedagang grosir. Ini harus diperbaiki dengan perjanjian, itu disebut "Kontrak Triangulasi" dan kedua belah pihak menetapkan kondisi penjualan sesuai dengan operasi mereka secara keseluruhan.
Comments
Post a Comment